Posted by : Unknown
Selasa, 08 Desember 2015
A. Pengertian Laporan
Laporan
adalah suatu cara komunikasi dimana penulis menyampaikan informasi kepada
seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
Laporan
merupakan suatu jenis dokumen yang sangat bervariasi bentuknya dan sebab itu
sukar diberi suatu batasan pengertian yang jelas.
Laporan
merupakan unsur yang sangat penting, terutama dalam menyusun
kebijaksanaan-kebijaksanaan.
B. Jenis Laporan
1. Laporan Formal
Laporan
formal adalah laporan yang memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu, nadanya
bersifat impersonal dan materinya disajikan seperti dalam suatu pola struktur
yang terdapat dalam buku-buku.
2. Laporan Non formal
Laporan
non formal adalah laporan yang tidak memenuhi beberapa unsur formal di atas.
Laporan ini bersifat pribadi yang disesuaikan dengan kepentingan penulisannya.
C.
Unsur-unsur
dalam menyusun Laporan
A.
Laporan Formal
Laporan
formal terdiri dari:
Bagian
Pendahuluan
Halaman
judul
Halaman
pengesahan (jika perlu)
Halaman
motto / semboyan (jika perlu)
Halaman
persembahan (jika perlu)
Kata
pengantar
Daftar
isi
Daftar
tabel (jika ada)
Daftara
gambar (jika ada)
Daftar
grafik (jika ada)
Abstrak
Bagian
Isi
Bab
I : Pendahuluan
1.1 Latar belakang
1.2 Identifikasi masalah
1.3 Pembatasan masalah / ruang lingkup penelitian
1.4 Rumusan masalah
1.5 Tujuan dan manfaat
Bab
II : Kajian pustaka
Bab
III : Metode penelitian
Bab
IV : Pembahasan
Bab
V : Penutup
Bagian
Penutup
Daftar
pustaka
Daftar
lampiran
Indeks
atau daftar istilah
B. Laporan Nonformal
1.
Laporan kunjungan, berisi :
a. Judul
laporan
b. Tujuan
c. Waktu
pelaksanaan
d. Hasil
yang diperoleh
2.
Laporan percobaan, berisi :
a. Judul
percobaan
b. Pelaksanaan
c. Urusan
kerja
d. Data
yang diperoleh
e. Kesimpulan
3.
Laporan diskusi, berisi :
a. Topik
b. Moderator
c. Penyaji
d. Jumlah
peserta
e. Masalah
yang dibicarakan
f.
Pemecahan masalah
g. Kesimpulan
Contoh Laporan formal
LAPORAN RAPAT KERJA TIM PENILAI
BUKU TEKS PELAJARAN SD, SMP, DAN
SMA/SMK
YANG DISELENGGARAKAN OLEH BSNP
A. Pendahuluan
Alhamdulillah SMP Islam Al
Azhar 1 mendapat kepercayaan dari Badan Standar Nasional Pendidikan untuk
mengirimkan 3 guru dalam menentukan Buku Teks Pelajaran yang layak digunakan
oleh sekolah mulai dari SD sampai SMA/SMK. Setelah kami mengirimkan curriculum
vitay, alhamdulillah kami memenuhi kriteria sebagai tim penilai buku teks
pelajaran.
Adapun yang ditetapkan
sebagai penilai buku teks pelajaran adalah Rujiman, S.Pd. (guru Bahasa
Indonesia), Farikhah Afidah, S.Pd. (guru IPA), dan Sunarmi, S.Pd. (guru IPS).
Kami bertiga mendapat kepercayaan untuk mengikuti Rapat Kerja Tim Penilai Buku
Teks Pelajaran SD, SMP, dan SMA/SMK yang dilaksanakan di Hotel Safari Garden
Bogor yang dilaksanakan pada tanggal 4 s.d. 9 Juni 2008.
B. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini diberi nama
Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran SD, SMP, dan SMA/SMK.
C. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan kegiatan ini adalah :
1.
Menilai buku teks pelajaran yang diajukan oleh penerbit untuk
ditentukan kelayakannya.
2.
Menentukan jenis buku teks pelajaran yang memenuhi standar mutu
pendidikan
D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan
sesuai dengan rencana yaitu tanggal 4-9 Juni 2008 di Hotel Safari Garden Bogor.
Akan tetapi, karena berkat kerja keras dan
profesionalisme kinerja para guru, kegiatan itu berhasil diselesaikan
dalam waktu 4 hari.
E. PESERTA KEGIATAN
Peserta kegiatan terdiri
atas: 200 orang guru terdiri atas guru Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika,
PKn, Bahasa Inggris dari jenjang SD sampai SMA/SMK. Adapun guru – guru yang
diundang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di propinsi DKI Jakarta, Banten,
dan Jawa Barat.
F. PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan Rapat Kerja Tim
Penilai Buku Teks Pelajaran dibuka jam 13.00 WIB dan dihadiri oleh 250 orang
guru yang terdiri atas guru Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PKn.
Selain itu hadir para dosen dan profesor yang ahli di bidangnya masing-masing
sebagai supervisor. Acara dibuka oleh Kepala BSNP menilai buku teks. Setiap
bidang studi perjenjang diarahkan oleh 2 supervisor. Setelah acara dibuka
dilanjutkan pembekalan atau penyajian materi tentang teknik menilai buku teks
dilanjutkan dengan pelatihan.
Pelatihan ini dimaksudkan
untuk mempersiapkan tenaga penilai yang mampu memahami kriteria teknis yang
terdapat dalam instrumen penilaian dan agar penilai memiliki kemampuan menilai
berdasarkan instrumen penilaian yang disusun oleh BSNP. Melalui pelatihan ini
diharapkan penilai dapat memiliki pemahaman yang sama terhadap butir-butir
instrumen penilaian buku teks pelajaran.
Kegiatan penilaian buku teks
pelajaran dilakukan secara bertahap dengan jadwal yang sangat ketat. Tahap I
jam 08.00 – 12.00 WIB, tahap II jam 14.00 – 17.00, dan tahap III jam 19.00 –
24.00 WIB. Setiap guru dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran sesuai dengan
jenjang pendidikan masing-masing. Setiap mata pelajaran rata-rata ada 400 buku
dan 40 penilai yang terdiri atas dosen, ahli materi, guru, dan ahli grafika.
Apabila dalam penilaian
terdapat perbedaan nilai lebih dari 2 maka dilakukan moderasi, yaitu kedua
penilai guru dipertemukan untuk mempertanggungjawabkan hasil penilaiannya dan
menentukan kesepakatan untuk nilai buku tersebut. Adapun butir-butir
penilaiannya pun sangat kompleks sehingga kami dituntut ketelitian, kejelian,
penalaran, dan berbagai kriteria yang menuntut kerja keras.
G. HASIL KEGIATAN
Adapun hasil kegiatan Rapat
Kerja Penilai Buku Teks adalah sebagai berikut:
1.
Kami bertiga berhasil menyelesaikan penilaian buku sebanyak 44 buku
dengan rincian: Bahasa Indonesia SD kelas I-VI sebanyak 12 buku, IPA SD kelas I
– VI sebanyak 14 buku, dan IPS SD kelas I – VI sebanyak 18 buku.
2.
Memperoleh pengalaman yang berharga menjadi penilai buku sehingga dapat
memperkaya pengetahuan untuk menjadi penulis buku.
3.
Melakukan sharing penilaian buku berbagai jenjang pendidikan sehingga
dapat menentukan sistematika penyajian materi
pembelajaran mulai SD sampai SMA.
4.
Dapat menularkan pengetahuan dan pengalaman kepada guru-guru dalam
kegiatan MGMP sehingga dapat membantu menentukan kelayakan buku yang akan
digunakan secara seragam di SMP Islam Al Azhar.
5.
Mempromosikan Al Azhar sebagai lembaga pendidikan yang dapat
dibanggakan.
H. ANGGARAN BIAYA
Adapun anggaran biaya yang
dikeluarkan untuk kegiatan tersebut adalah biaya transportasi perjalanan
sebesar Rp 500.000,00 dengan rincian biaya penggantian bensin, tol, dan tip
sopir antar jemput. Hal ini dilakukan karena tidak ada kendaraan YPI yang bisa
digunakan untuk mengantar dan menjemput kami.
I. PENUTUP
Demikian laporan
pertanggungjawaban kegiatan ini kami sampaikan.
Panitia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pimpinan SMP
Islam Al Azhar 1 dan YPI Al Azhar yang telah memberikan kepercayaan dan
dukungan sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik.
Sumber :
http://agungnunu.blogspot.sg/2013/05/tulisan-bahasa-indonesia-2-laporan.html